03 Januari 2011

Beberapa penyebab kekalahan PSSI

Ada beberapa alasan dan pendapat tentang kegagalan PSSI ketika mengghadapi Malaysia, diantaranya:

Kegagalan Timnas Indonesia meraih angka dengan kalah 0-3 atas Malaysia pada pertandingan pertama final AFF Suzuki Cup 2010 di Kuala Lumpur pada Minggu malam sebagai akibat politisasi yang dilakukan pengurus PSSI, kata pengamat sepak bola Eddy Elison.


Kedua, para pemain Tim Nasional kita juga waktunya banyak tersita oleh hal-hal yang berbau promosi dan selebriti, seperti wawancara dengan para wartawan media cetak maupun elektronik yang kelihatannya tidak mengindahkan lagi jadawal latihan atau jadwal mereka istirahat. dan bahkan saat penerbangan tim dari Jakarta ke Kuala Lumpur para awak media salah satu TV nasioanl menguntit dan mewawancarai para pemaian di atas pesawat. Sehingga jam istirahat pemaqin sangat berkurang.

Ketiga, kurang mengertinya Kementrian Pemuda dan Olah Raga akan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan untuk mendukung prestasi olah raga kita. Buktinya di tengah sibuk dan ketatnya Tim Nasional kita memeprsiapkan pertandingan final melawan Malaysia, konon Sang Mentri Pemuda dan Olah Raga justru mengundang Tim Nasional untuk urusan tebar pesona yakni makan malam bersama dan pesta-pesta. Mestinya sang Menteri sadar bahwa hal seperti itu jangan dilakukan terlebih dahulu disaat konsentrasi tim lagi sangat dibutuhkan. Sepertinya Sang Menteri sudah “kebelet” untuk memanfaatkan kesempatan emas ini sebagai arena politik tebar pesona.

Keempat, kurang harmonisnya hubungan pelatih tim nasional kita dengan pengurus PSSI. Hal ini ditandai dengan kemarahan Sang pelatih saat anak buahnya disibukkan oleh pengurus PSSI perihal acara tebar pesona dan juga wawancara-wawancara dan iklan oleh para pemilik media.

Kelima, masih groginya Tim Nasional main di kandang lawan. Hal ini karena mereka baru kali ini menjalani pertandingan away dan pertandingan yang lalu-lalu semuanya dijalaninya di Gelora Bung Karno Jakarta. Jadi sangat disayangkan kenapa mereka tidak diberikan pengalaman dalam pertandingan persahabatan yang bertanding di luar kandang, agar mereka terbiasa tidak didukung oleh gegap gempitanya superternya.


sumber : bola.net, http://olahraga.kompasiana.com/bola/2010/12/27/inilah-penyebab-kekalahan-tim-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar