24 Maret 2013

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung


Pengertian

Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber.

Kutipan langsung merupakan pernyataan yang kita tulis dalam susunan kalimat aslinya tanpa mengalami perubahan sedikit pun. Bahan yang kita kutip harus direproduksi tepat seperti apa adanya sesuai sumber, termasuk ejaan, tanda baca, dll.

Kutipan tidak lansung pernyataan yang hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutip.Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.Penyebutan sumber dapat dengan sistem catatan kaki,dapat juga dengan sistem catatan langsung

Contoh

Kutipan langsung:
“Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia.” (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 20012, Hal. 2)

Kutipan tidak lansung:
Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 20012, Hal. 4)








Post ini ditujukan untuk melengkapi tugas Bahasa Indonesia 2
sumber :
http://internasionale.blogspot.com/2012/01/pengertian-kutipanjenis-dan-contohnya.html
http://www.aingindra.com/2012/11/kemajuan-teknologi.html



Untuk kamu yang malas mengerjakan tugas softskill atau males liat blog-blog softskill lain yang berantakan, tenang aja gw bisa kok ngerjain tugasnya disini buat kalian copas nanti, tinggal mention aja gw di twitter dan akan gw kerjakan tugasnya dengan rapih dan manis.. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar