10 Februari 2014

Itung IPK Sebelum Ujian Mandiri (INSUM)



Hai semuanya! Kali ini saya tidak mem-post kan sesuatu tentang tugas. Tapi kali ini saya akan mem-post kan tentang ALAT BANTU MENGHITUNG IPK sebelum UM atau Pengulangan. Softsheet ini diberi nama INSUM (Itung IPK Sebelum Ujian Mandiri/Pengulangan). Tujian softsheet ini untuk menghitung prakiraan IPK sebelum UM/Pengulangan jika nilainya berubah nanti.

Misalnya tadinya ada Mata Kuliah (MK) dengan 2SKS nilainya D IPKnya 2,7. Terus mau di UM-in kira2 nilainya jadi A. Nah fungsi worksheet ini adalah untuk memperkirakan berapa nilai IPK setelah nilainya berubah jadi A.

Untuk menghitungnya download worksheetnya        :          disini (.xls mic.excel file IDWS)

Atau secara online worksheetnya                             :          disini (google.docs)


Cara pakai INSUM :
Rules:
-          Kotak Merah         : Isi sesuai dengan keadaan asli.
-          Kotak Pink            : Isi sesuai dengan nilai harapan.
-          Kotak Putih           : JANGAN DIGANTI ATAU DI ISI.


Masukan angka sebenarnya pada kotak merah, misalnya jumlah  sks adalah 90 dan jumlah mutu 275. Setelah nilai di isi maka IPK Awal atau IPK asli saat ini akan terlihat. 

Lalu masukan jumlah sks, nilai awal, dan nilai harapan yang diinginkan. Misalnya, ada Mata Kuliah dengan 3 SKS mendapatkan nilai C yang diharapkan saat setelah UM atau pengulangan menjadi nilai B, dan Mata Kuliah dengan 2 SKS mendapatkan nilai D yang diharapkan menjadi nilai A, maka masukan angka tersebut.

Setelah nilai tersebut dimasukan maka nilai mutu awal, mutu harapan, mutu tambah, mutu tambah total dan IPK prediksi akan muncul.


IPK prediksi itulah yang digunakan umtuk melihat angka IPK setelah melakukan perubahan nilai.

IPK yang dihitung dapat lokal, utama maupun rangkuman nilai, jika ingin menghitung ipk local maka masukan jumlah mutu dan sks nilai lokal, begitu juga dengan utama dan rangkuman nilai.

Sekali lagi, ini baru prediksi loh.. Selamat UM/Pengulangan!

Have Fun ~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar