27 September 2014

Definisi Sistem dan Analisisi Sistem

Definisi Sistem
Terdapat banyak sekali definisi sistem yang dikemukakan oleh para ahli. Dalam hal inipenulis mencoba untuk mengemukakan definisi sistem yang cukup bisa diterima secara logis, yaitu: Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabelvariabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung sama lain.

Analisis Sistem
Analisis terhadap sistem dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan apa saja yang tidak maksimal dan tidak optimal dalam sistem tersebut sehingga perlu diidentifikasikan dan dievaluasi melalui beberapa faktor yaitu melalui analisis PIECES

1. Performance ( kinerja )
Performance atau kinerja merupakan analisis terhadap kemampuan sistem dan menyelesaikan tugas dengan baik.
Performance sangat penting berkaitan dengan produktifitas dengan hasil kerja yang dilakukan. Ukuran hasil kerja dapat dilihat dari jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan pada waktu tertentu dan adanya waktu yang tertunda dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Hal ini tentunya menghambat proses kinerja dalam lembaga pendidikan tersebut. Untuk itu diperlukan suatu cara yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja sistem instansi agar kinerja bisa dioptimalkan.

2. Information ( informasi )
Penting terhadap kualitas informasi yang disajikan dimana informasi harus mempunyai kualitas (akurat, tepat waktu, dan relevan) dan mempunyai nilai informasi.
Informasi mempunyai peran penting bagi pihak manajemen untuk menentukan kebijakan dan mengambil keputusan, sumber informasi tersebut berupa laporan dan dari proses olah data.

3. Economy ( Ekonomi )
Tinjauan analisis ekonomis tidaknya sistem yang ada merujuk pada jumlah sumber daya yang digunakan. Terhadap peningkatan manfaat / keuntungan yang diperoleh atau penurunan keuntungan yang diperolehatau akibat besarnya biaya yang digunakan.

4. Control
Pengendalian terhadap sistem dimasukkan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan- kesalahan. Dari informasi yang di dapat diketahui bahwa selama ini kendali pada sistem lama berjalan seperti yang diinginkan dan dari hasil observasi didapatkan kelemahan kendali terhadap sistem lama.

5. Efisiensy ( Efisiensi )
Efisiensi erat kaitannya dengan bagaimana sumberdaya yang ada telah digunakan. Suatu sistem dikatakan efisien atau tidak didasarkan pada tanggung jawab personel dalam melaksanakan tugasnya.

6. Service ( Pelayanan )
Pelayanan adalah sistem mencakup pelayanan yang diberikan oleh sistem pada beberapa elemen, baik elemen yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Elemen yang terlibat langsung dalam hal ini adalah personel yang mengopersikan sistem tersebut, sedang elemen tidak langsung yaitu siswa dan pihak lain yang membutuhkan seperti pimpinan.

sumber : nyolong dari sini :p


Untuk kamu yang malas mengerjakan tugas softskill atau males liat blog-blog softskill lain yang berantakan, tenang aja gw bisa kok ngerjain tugasnya disini buat kalian copas nanti, tinggal mention aja gw di twitter dan akan gw kerjakan tugasnya dengan rapih dan manis.. :p


Tidak ada komentar:

Posting Komentar